alatigher's | Metode tanya jawab menurut para ahli - Pengertian metode tanya
jawab pembelajaran - kelebihan metode tanya jawab - langkah langkah
metode tanya jawab. Silahkan sahabat baca kelebihan dan kekurangan metode tanya jawab dibawah ini
Metode tanya jawab
adalah suatu cara penyampaian pelajaran oleh guru dengan jalan
mengajukan pertanyaan dan murid menjawab. Metode ini dimaksudkan untuk
meninjau pelajaran yang lalu agar para murid memusatkan lagi
perhatiannya tentang sejumlah kemajuan yang telah dicapai sehingga
dapat melanjutkan pada pelajaran berikutnya dan untuk merangsang
perhatian murid. Metode ini dapat digunakan sebagai spersepsi,
selingan, dan evaluasi. (Drs. Imansjah Ali Pandie; 1984, 79).
Penggunaan metode tanya jawab dapat dinilai sebagai metode yang cukup wajar dan tepat, apabila penggunaannya dipergunakan untuk:
- Merangsang agar perhatian anak terarah pada suatu bahan pelajaran yang sedang dibicarakan.
- Mengarahkan proses berfikir dan pengamatan anak didik.
- Meninjau atau melihat penguasaan anak didik terhadap materi/bahan yang telah diajarkan sebagai bahan pertimbangan untuk melanjutkan materi berikutnya
- Melaksanakan ulangan, evaluasi dan memberikan selingan dalam ceramah (Zuhairini, 1993)
Kelebihan dan kelemahan metode tanya jawab
Sebagai salah satu metode
interaksi edukatif, metode tanya jawab mempunyai beberapa kelebihan
dibandingkan dengan metode lainnya. Di samping terdapat
kelemahan-kelemahannya. Menurut Imansyah Ali Pandie kelebihan metode tanya jawab terletak pada:
- Suasana kelas lebih hidup karena murid-murid berpikir aktif.
- Sangat positif untuk melatih anak untuk berani mengemukakan pendapat secara lisan dan teratur.
- Murid yang biasanya malas memperhatikan menjadi lebih hati-hati dan sungguh-sungguh mengikuti pelajaran.
- Walaupun pelajaran berjalan agak lambat tetapi guru dapat melakukan kontrol terhadap pemahaman murid.
Sedangkan kelemahan metode tanya jawab terdapat apabila
- Terjadi perbedaan pendapat/jawaban maka akan terjadi perdebatan sengit sehingga mamakan waktu banyak untuk menyelesaikan, terkadang murid mengalahkan pendapat guru.
- Kemungkinan timbul penyimpangan dari pokok persoalan.
- Memakan waktu yang lama untuk merangkum bahan pelajaran.